Yonif 743 PSY

(Foto Bersama : Danbrigif 21 Komodo Bapak Kolonel Infanteri Samsul Huda,S.E.,M.Sc , Kapolda NTT Bapak Irjen Pol. Drs.Johanis Asadoma,S.I.K.,M.Hum, Dandim 1604 Letkol InfWiwid Jalu Wibowo, serta Komandan Batalyon Infanteri (DanYonif) 743 Pradnya Samapta Yudha (PSY) yaitu 
Bapak Letnan Kolonel Infanteri Andri Karsa,S.Sos.,M.Han)

Kupangkota.com - NTT , Menyambut HUT ke 58 tahun Batalyon Infanteri 743 Pradnya Samapta Yudha (PSY) di areal Benteng Lapangan Markas Yonif (MaYonif 743 PSY), melaksanakan kegiatan olahraga Jalan Sehat bersama pada pagi hari sabtu, 18 Maret 2023 jam 06:00wita. Acara yang dimulai jam 07:00wita ini dibuka secara resmi dengan tanda Bendera Start oleh Komandan Batalyon Infanteri (Yonif) 743 Pradnya Samapta Yudha (PSY) yaitu Bapak Letnan Kolonel Infanteri Andri Karsa,S.Sos.,M.Han.
Jalur Jalan Sehat yang ditempuh ribuan orang berjalan kaki di pagi hari, mencapai jarak lebih dari 4KM, mulai dari markas 743 PSY di benteng, mercusuar, menuju Lai-Lai Besi Koepan (LLBK), kemudian Ketapang satu, memutar di kelurahan Oeba, Kelurahan Kelurahan Merdeka, menuju Katedral, kemudian jembatan selam dan kembali lagi ke Markas Benteng.

Yonif 743 PSY5

Acara ini diikuti oleh seluruh anggota TNI Angkatan Darat di Yonif 743 Pradnya Samapta Yudha (PSY), juga hadir Danbrigif 21 Komodo Bapak Kolonel Infanteri Samsul Huda,S.E.,M.Sc , Kapolda NTT Bapak Irjen Pol. Drs.Johanis Asadoma,S.I.K.,M.Hum, Dandim 1604 Letkol InfWiwid Jalu Wibowo, diikuti anggota TNI AD dari Brigif 21 Komodo, Naibonat, kemudian Perwakilan Korem 161 Wirasakti Kupang, Perwakilan Lantamal VII, Marinir, Lanudal Eltari, Komunitas Penerbangan, Kepolisian yaitu Brimob, Gegana, Polda NTT, Ibu-Ibu PERSIT, Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Perwakilan Walikota Kupang, pihak pemerintah yaitu Kelurahan, Kecamatan, serta Masyarakat, PLTD Bolok, Perbankan, Perusahaan Swasta, Jurnalis Pers Media, dan juga berbagai komunitas.
Nampak ribuan orang antusias mengikuti Kegiatan Jalan Sehat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 58 berdirinya Batalyon Infanteri (Yonif) 743 Pradnya Samapta Yudha (PSY) pada tanggal 19 Maret 1965 ini.

Yonif 743 PSY1

Berbagai rangkaian kegiatan acara diisi oleh, Senam peregangan, jalan Sehat, Senam saat Finish dengan SKJ 88, kemudian ZUMBA Dance, hiburan lagu dangdut dengan Penyanyi Chaca, Master of Ceremony (MC) Moris, serta Pemotongan Nasi Tumpeng sebagai wujud syukur dan juga Kue Ulang Tahun. Dan juga penyerahan Piala-piala kepada para pemenang Lomba-lomba yang telah terlaksana beberapa hari sebelumnya dalam menyambut HUT ke58 Yonif 743 PSY.

Acara Jalan Sehat ini pun semakin menarik dengan undian "Door Price" berbagai macam hadiah, seperti payung, jam dinding, setrika, dispenser, kipas angin, mesin cuci, kulkas, sepeda dayung, hingga hadiah Utama yakni 1 Unit Sepeda Motor, dalam HUT ke 58 Yonif 743 PSY.
ada juga stand pameran berbagai pernak pernik TNI, kaos pakaian, tas ransel, serta booth (stand) dari para sponsor, seperti gadget HP cellular world, perbankan BRI, Bank Sinar Mas, Bank NTT, dealer Suzuki, PT.Adira Finance Kupang, Provider XL Axiata, Kopi Tugu Buaya, PaluGada, dan lainnya.

Baca Juga : Berita dan Informasi di Kupang dan Wilayah Nusa Tenggara Timur 

Yonif 743 PSY6

Dalam sambutan Danyonif 743 PSY mengatakan kegiatan jalan sehat ini dilaksanakan guna memelihara semangat kebersamaan serta memelihara tingkat kesegaran mental dan kebugaran fisik dari hantaman kesibukan sehari-hari. Melalui semangat HUT ke58 Yonif 743 Pradnya Samapta Yudha (PSY) turut mengajak berbagai komponen mempelopori segala upaya dalam memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan melalui kemanunggalan TNI-Rakyat serta soliditas baik sesama TNI, TNI dengan Polri maupun TNI dengan Masyarakat.

Yonif 743 PSY3

Adapun tujuan untuk memelihara serta menjalin komunikasi yang harmonis dan positif dalam rangka meningkatkan rasa kebersamaan di antara sesama aparat keamanan, sehingga tercipta kondisi yang kondusif serta terciptanya sinergitas diantara semuanya, persatuan dan kesatuan keamanan merupakan modal utama di dalam membangun negeri ini.
Oleh karenanya sebagai sesama aparat keamanan, harus menjaga kekompakkan serta soliditas dapat bekerja sama dan saling membantu satu sama lain, Pungkas Danyonif 743 PSY.

Yonif 743 PSY4
Selain itu kita adalah motor penggerak serta suri tauladan bagi masyarakat dalam menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga melalui kegiatan ini diharapkan akan dapat semakin mempererat jalinan kebersamaan, persatuan dan kesatuan antara TNI dengan POLRI maupun TNI dengan seluruh Lapisan Masyarakat. Di akhir sambutan, Danyonif 743 Pradnya Samapta Yudha (PSY) mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang sudah berkenan memeriahkan kegiatan ini, dan acara yang diselenggarakan bermanfaat bagi semua dan tetap jaga kesehatan dalam setiap kegiatan, Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan limpahan karunia kepada semuanya.

Yonif 743 PSY2

(Foto Bersama : Danbrigif 21 Komodo Bapak Kolonel Infanteri Samsul Huda,S.E.,M.Sc , Kapolda NTT Bapak Irjen Pol. Drs.Johanis Asadoma,S.I.K.,M.Hum, Dandim 1604 Letkol InfWiwid Jalu Wibowo, serta Komandan Batalyon Infanteri (DanYonif) 743 Pradnya Samapta Yudha (PSY) yaitu 
Bapak Letnan Kolonel Infanteri Andri Karsa,S.Sos.,M.Han dan Ibu Ketua PERSIT)

Danbrigif 21 Komodo Bapak Kolonel Infanteri Samsul Huda,S.E.,M.Sc dalam wawancara singkat bersama kupangkota.com mengatakan, Yonif 743 PSY ini adalah batalyon hebat, dan sudah dikenal cukup lama, apalagi berusia sudah 58tahun, bahkan Yonif 743 baru melaksanakan kegiatan pengamanan lintas perbatasan NKRI, maka dalam HUT ke 58 Yonif 743 PSY kegiatan ini perlu dilaksanakan untuk menambah semangat, menjaga kekompakan dan saling berkolaborasi serta bersinergi dengan semua pihak (stakeholder). 

Bapak Kapolda NTT Irjen Pol. Drs.Johanis Asadoma,S.I.K.,M.Hum yang hadir dalam acara HUT ke 58 Yonif 743 Pradnya Samapta Yudha (PSY) di areal Benteng mengungkapkan kekagumannya terhadap batalyon TNI AD ini, bahkan beliau juga merupakan anak dari ayahanda yang juga tentara jadi tidak kaget lagi dengan kemampuan batalyon TNI AD. Bapak Kapolda NTT juga mengajak mari bersama jaga sinergitas, kekompakkan dan keamanan di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur ini, serta Kapolda NTT mengajak untuk mendukung juga UMKM lokal NTT, berupa tenun kain , seperti tas tenun yang dikenakan oleh Kapolda NTT, bahkan Tas Tenun NTT juga dipakai oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo dan Ibu Negara saat berkunjung 13-14 Maret 2023 ke Labuan Bajo NTT guna meninjau tempat acara pelaksanaan ASEAN Summit yang akan berlangsung pada mei 2023 mendatang. Bapak Kapolda NTT yang akrab disapa Johni Asadoma juga berharap TNI-POLRI selalu kompak, menjadi garda terdepan dalam menjaga NKRI, keamanan dan ketertiban di masyarakat. (Kupangkota/Guntara).

Kapolda NTT1

 Baca Juga : Berita dan Informasi di Kupang dan Wilayah Nusa Tenggara Timur