TK-PPA-Maranatha

Kupangkota.com - NTT , Acara Peresmian Gedung Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pusat Pengembangan Anak (PPA) IO 0496, GMIT Maranatha Oebufu di Kota Kupang NTT dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2023 . Acara.yang dimulai Jam 10:00WITA ini dihadiri oleh Penjabat Walikota Kupang Bapak George Melkianus Hadjoh,SH, Ketua SINODE GMIT Ibu Pendeta Dr. Mery L. Y. Kolimon, Kemudian hadir Koperasi Bank TLM Kupang, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang Bapak Drs. Dumuliahi Djami,M.Si, serta Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kupang, Ketua Klasis Kota Kupang, Koordinator PIF KONSFENSIEN NTT, Ketua Majelis Jemaat Maranatha Oebufu, KMK Kupang, Bapak dan Ibu Pendeta Gereja Maranatha Oebufu, dan Para Tamu Undangan lainnya.

TK-PPA-Maranatha10

TK-PPA-Maranatha12

Kegiatan yang dibuka dengan tarian penyambutan, pengalungan selendang kepada Penjabat Walikota Kupang serta Paduan suara dari Gereja Maranatha Oebufu, tarian anak-anak, serta permainan Alat Musik Sasando dari sdr.Rizky Hauteas sebagai mentor PPA turut memukau para peserta dan tamu undangan yang hadir. Menurut Pendeta Gereja Maranatha, Ibu Desiana Rondo Efendy,M.Th, ada sekitar lebih dari 1400 anak-anak TK Kristen Maranatha telah belajar selama ini 40an tahun, TK ini berjalan, dan saat ini 40 anak proses belajar , 10 anak PPA maranatha ,  dengan fasilitas 17 kelas, 6 kelas tutorial, sasando, pencak silat, paduan suara, tari, menjahit, dan hasil karya anak-anak serta jemaat Maranatha Oebufu seperti kain tenun, oleh-oleh khas NTT, juga turut serta dipamerkan dalam acara ini. Acara seremoni dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti oleh Penjabat Walikota Kupang dan Ketua SINODE GMIT, kemudian Usai Ibadah Syukur oleh Pendeta, dilakukan pelepasan Pengguntingan Pita dan Papan Nama TK & PPA, serta penyerahan kunci kelas dan peninjauan ruang kelas serta bangunan yang ada berdiri di lahan 1200 meter persegi ini.

TK-PPA-Maranatha20

Penjabat Walikota Kupang Bapak George Melkianus Hadjoh,SH dan Ketua SINODE GMIT Ibu Pendeta Dr.Mery L. Y. Kolimon dalam acara Peresmian Gedung Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pusat Pengembangan Anak (PPA) IO 0496, GMIT Maranatha Oebufu di Kota Kupang NTT, bersama Tim Teknis Bapak Melki, Kupangkota.com sdr.Rary Triguntara,SKM dan juga Protokoler Komunikasi Pimpinan (Prokompin) Pemerintah Kota Kupang Bapak Hubert.


Taman Kanak-Kanak Kristen Maranatha Oebufu yang mulai berdiri tanggal 1 Mei 1982 hampir 41 tahun ruang belajar di kompleks Gereja Maranatha Oebufu. Sedangkan Pusat pengembangan Anak (PPA) Maranatha Oebufu yang didirikan Desember 2012 sudah berusia 11 tahun juga kegiatan belajar mengajar menggunakana real Gereja Maranatha Oebufu, oleh karena kondisi fisik bangunan lama dan lingkungan dari kedua lembaga pendidikan tersebut tidak layak digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar, sehingga melalui persidangan Majelis Jemaat Maranatha Oebufu memutuskan untuk membangun Gedung Sekolah Baru yaitu Taman Kanak-Kanak dan Pusat Pengembangan Anak di lokasi tanah milik Sinode GMIT Jemaat Maranatha Oebufu di jalan Perintis Kemerdekaan Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga : Berita dan Informasi di Kupang dan Wilayah Nusa Tenggara Timur 

TK-PPA-Maranatha2

TK-PPA-Maranatha5  TK-PPA-Maranatha6

TK-PPA-Maranatha7

TK-PPA-Maranatha9

TK-PPA-Maranatha8

Wawancara singkat kupangkota.com bersama Pnt. Bapak Loubrik Saubaki, Ketua Panitia Pembangunan Gedung TK dan PPA GMIT Maranatha Oebufu mengatakan berdasarkan pertimbangan tim teknis dan faktor ketersediaan biaya maka pembangunan gedung TK dan PPA dilaksanakan dalam dua tahapan.
Tahap pertama di tahun 2019, pekerjaan yang dilaksanakan adalah pekerjaan persiapan, galian dan urugan tanah, dengan struktur pondasi Footplate, pondasi menerus dan kolom struktur, pengecoran beton, semuanya dilaksanakan secara swakelola dengan anggaran mencapai Rp.221.000.000. Pada tahun 2020 dan 2021, pekerjaan tidak dilanjutkan karena adanya wabah Covid19 dan bencana siklon Seroja yang melanda kota kupang NTT.

Tahapan kedua, di tahun 2022, melanjutkan pekerjaan yang dilaksanakan oleh pihak ketiga yaitu Koperasi TLM Kupang, dengan anggaran mencapai Rp.1.898.700.000 dengan waktu pelaksanaan 200 Hari kerja dengan spesifikasi gedung adalah Bangunan tidak sederhana, maksudnya bangunan Permanen Lantai 1 dengan Luas Bangunan 552,50 meter persegi.
Gedung TK dan PPA GMIT Maranatha Oebufu ini memiliki spesifikasi yaitu pondasi struktur footplat, dan pondasi mnerus, struktur beton dan lantai beton bertulang, perkuatan struktur atas menggunakan double ringbalk, kusen kayu bayam, daun pintu dan jendela berbahan kayu jati, atap seng BJLs 030, dan plafon triplek tebal 4mm.
Untuk Fasilitas lainnya di Gedung TK dan PPA GMIT Maranatha Oebufu ini yaitu sanitasi KM/WC 4 unit, ruang guru 2 unit, Gudang 2 unit, dapur dan ruang makan 1 unit, ruang kelas 8 unit dengan daya tampung tiap ruangan 20 siswa, fasilitas umum dengan tampungan air bersih 6000liter dari PDAM kabupaten Kupang yang hidup 24 jam, listrik dari PLN dengan daya 4400 watt, pelataran halaman / bak bunga, semua fasilitas Gedung TK dan PPA ini berdiri di tanah seluas ±1200 meter persegi.
Adapun Total Dana yang digunakan di dalam pekerjaan taham pertama dan tahap kedua ini anggaran mencapai sebesar Rp.2.119.700.000.

TK-PPA-Maranatha15

TK-PPA-Maranatha1

Walaupun Pekerjaan gedung TK dan PPA sudah selesai dibangun namun masih terdapat beberapa kekurangan menurut Ketua Panitia dalam wawancara singkat bersama kupangkota.com yaitu Ketua Panitia mengatakan yang menjadi pergumulan jemaat Maranatha Oebufu, antara lain fasilitas meubeler yakni kursi dan meja belajar serta fasilitas belajar belum ada, pagar pengaman depan gedung belum dibangun, fasilitas mainan anak belum tersedia yang menjadi perhatian bersama sehingga selesai diresmikan gedung ini bisa segera dimanfaatkan menjadi proses belajar mengajar untuk anak-anak.

Baca Juga : Berita dan Informasi di Kupang dan Wilayah Nusa Tenggara Timur 

TK-PPA-Maranatha21
Penjabat Walikota Kupang, Bapak George M.Hadjoh, Ketua Sinode GMIT Ibu Pendeta Merry Kolimon, turut Hadir Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Bank TLM, jemaat Gereja Oebufu, dan tamu undangan dalam acara Peresmian Gedung Taman Kanak-Kanak (TK) dan PPA IO 0496, GMIT Maranatha Oebufu. 

Atas nama pemerintah Kota Kupang, Bapak George M.Hadjoh mengucapkan terima kasih atas berdirinya gedung TK dan PPA GMIT Maranatha Oebufu . Pendidikan merupakan kunci gerbang untuk menuju kesuksesan, ungkap George Hadjoh, Apakah itu kesuksesan cara berpikir (mindset), kesuksesan hidup ataupun kesuksesan lainnya yang sudah diperoleh dengan berkat karunia dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Saya merasa bahwa Pendidikan Dasar, TK dan PPA, adalah sangat penting karena merupakan peletak dasar untuk jenjang pendidikan selanjutnya ketika beranjak remaja dan dewasa. Orang selalu berpikir itu di hilirnya, jarang yang berpikir di hulu nya, padahal di hulu inilah yang menentukan di hilir itu kualitasnya akan menjadi seperti apa, ungkap Penjabat Walikota Kupang Bapak George M. Hadjoh.

TK-PPA-Maranatha4

TK-PPA-Maranatha3

Begitupun orang juga selalu berpikir hanya akibatnya saja, tidak pernah berpikir sebabnya apa, inilah disini Tabur dan Tuai perlu disadari oleh kita semuanya. Mari juga kita membuat anak-anak kita di kota Kupang ini bisa menguasai Bahasa Dunia, khususnya Bahasa Inggris, karena dengan bisa bahasa dunia internasional, maka berbagai peluang dan juga tantangan di masa depan bisa dihadapi oleh generasi penerus yaitu anak-anak di kota Kupang NTT. Dengan TK dan SD setiap hari hafal 3 Kata 1 Percakapan, sehingga dalam setiap hari mereka menghafal dan menguasai berbagai kosa kata istilah bahasa Inggris dan berbagai percakapan sehari-hari. 3 Kata bahasa Inggris dan 1 Kalimat Percakapan Inggris, setiap harinya wajib dihafalkan oleh anak-anak di Kota Kupang NTT ini, misalnya Good Morning Mister/Miss, lalu gurunya juga menjawab Good Morning, How are you, apa kabarnya , sehingga 1 percakapan dan 3 kosa kata hafalan Inggris perlu terus diulang, hari ini hafalan 1 percakapan inggris lalu besok hafal percakapan lain lagi dan berganti setiap harinya, serta memperlancar percakapan bahasa Inggris dalam hidup sehari-hari. Ini akan membuat anak-anak di kota Kupang memiliki kualitas yang akan sangat bermanfaat dikemudian hari dan Bisa mahir fasih percapakan Inggris sehari-hari.

TK-PPA-Maranatha18

TK-PPA-Maranatha7

TK-PPA-Maranatha11

Penjabat Walikota Kupang Bapak George M. Hadjoh juga menyampaikan langsung untuk Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, agar segera menyusun seperti bantuan paving Block untuk TK dan PPA di Maranatha Oebufu ini, serta sarana prasarana Meja dan kursi untuk pembelajaran untuk diajukan di tahun mendatang, bantuan pemerintah Kota Kupang, agar diusulkan dan diajukan segera, sehingga tahun depan bisa diproses. Jadi Kadis Pendidikan Kota Kupang dan juga Lurah Oebufu agar memperhatikan hal ini, kata George M Hadjoh, kita harus bermitra dan berkolaborasi yang baik untuk mendukung ini semuanya.

Tuhan akan memberkati kita semua kalau kita memperhatikan kerja-kerja pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah sebagai wakil Tuhan juga demikian, Harus perhatikan masyarakat dalam memberikan pelayanan yang maksimal, apalagi hampir 300an anak-anak dari sekolah Maranatha ini memiliki prestasi gemilang dan sering diikutsertakan lomba nasional dan internasional dari KOMFESION, maka perlu didukung.

TK-PPA-Maranatha17

Penandatanganan Prasasti Peresmian Gedung
Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pusat Pengembangan Anak (PPA) 
IO 0496, GMIT Maranatha Oebufu di Kota Kupang NTT 
oleh Penjabat Walikota Kupang Bapak George Melkianus Hadjoh,SH

Hal-hal prinsip, kecil juga harus dilengkapi agar bisa mendapatkan dana BOS, bantuan operasional sekolah, oleh karena itu Penjabat Walikota Kupang, Bapak George M. Hadjoh dalam sambutannya memohon dengan hormat untuk mulai sekarang semua sekolah dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dalam pelayanan seperti ajaran Tuhan Yesus mengatakan setialah dalam perkara-perkara kecil, maka Tuhan akan percayakan perkara besar untuk teratasi ,

Kalau kita Setia mengajar pada anak-anak kecil kita, maka disaat sudah besar dan dewasa nanti mereka akan kembali ke sekolah ini dan terjadi ikatan emosional yang luar biasa untuk membangun dan mewujudkan berbagai hal besar lainnya, menjadi manusia yang sukses. (Kupangkota/Guntara)

 #10februari2023 , #kupangkota , #PenjabatWalikotaKupang , #KotaKupang , #WalikotaKupang , #kepaladinaspendidikankotakupang ,

Baca Juga : Berita dan Informasi di Kupang dan Wilayah Nusa Tenggara Timur 


TK-PPA-Maranatha16

Penandatanganan Prasasti Peresmian Gedung
Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pusat Pengembangan Anak (PPA) 
IO 0496, GMIT Maranatha Oebufu di Kota Kupang NTT 
oleh Ketua SINODE GMIT Ibu Pendeta Dr. Mery L. Y. Kolimon

 

TK-PPA-Maranatha19

 (Kupangkota.com bersama bidang keamanan sdr.ito)TK-PPA-Maranatha2